Kwarcab Aceh Tengah Wakili Aceh ke Pertikawan Regional Sumatera di Jambi

INFOPRAMUKA -- Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Aceh Tengah, akan mewakili Aceh pada kegiatan Perkemahan Bakti Pramuka Satuan Karya Kalpataru dan Wanabakti (Pertikawan) regional Sumatera dijadwalkan berlangsung 17-22 September 2023 di provinsi Jambi.

Prosesi Serah Terima peserta didik dari Orang Tua/wali Saka Wanabakti kepada Gerakan Pramuka Aceh Tengah, berlangsung Jum'at (8/9/2023), dalam rangka menjalani karantina jelang keberangkatan.

Sekretaris Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Aceh Tengah (Karteker), Kak Drs Alam Syuhada MM, mengatakan, "20 orang peserta Saka Wanabakti Pramuka Aceh Tengah bersama pembina pendamping Kak Ernawati selaku Pamong, mulai ikuti karantina pada 8-10 September 2023, ini menjadi penguat ketangkasan dan keterampilan Pramuka Aceh Tengah saat mengikuti kegiatan Pertikawan, di Jambi nantinya.

Tujuan serah terika denga para orangtua/wali peserta didik sebagai bentuk koordinasi serta komunikasi antara Pimpinan Saka Wanabakti dengan Pihak Keluarga Peserta didik terjalin dengan baik, agar proses pembinaan pendidikan kepanduan ini berjalan sesuai harapan", Ujarnya di Aula Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Aceh Tengah.

20 orang peserta yang terdiri 1 Orang Pamong , 3 orang Instruktur, 8 orang Peserta Putra dan 8 orang peserta Putri yang masing masing berasal dari Racana IAIN Takengon, UGP Takengon, serta Gudep SMA N 1 Takengon,SMAN 11 Takengon ( Atulintang) , SMAN 5 Takengon (Jagong), SMK N 1 Takengon, MAS Atulintang. 

Pertikawan Regional Sumatera Bekerjasama dengan Merangin Jambi UNESCO Global Geopark (MJUGGp), Pramuka mengikat komitmen untuk bekerja sebagai fasilitator dan tutor sebaya; mengusung misi edukasi MJUGGp, sekaligus mengejawantahkan program Pramuka untuk Keberlanjutan (SCOUTS for SDGS).

Setidaknya ada 48 kegiatan menarik yang dijadwalkan pada Pertikawan Regional Sumatera 2023 yang terbagi dalam 10 kelompok/jenis kegiatan. Kesepuluh kelompok tersebut antara lain, Bakti Lingkungan, Wisata, Konservasi dan Restorasi, Ekonomi Kreatif dan Seni Budaya, Giat Prestasi, Dialog Interaktif Berkelanjutan, dan Pendidikan Lingkungan.

Kontributor : Zhafir Fahmi

Kirim Komentar

Previous Post Next Post